Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja merupakan pusat studi ASEAN yang pertama dan satu-satunya di Madura. Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja menjadi satu dari enam puluh delapan Pusat Studi ASEAN di seluruh Indonesia. Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja didirikan bedasarkan nota kesepahaman antara Universitas Wiraraja dengan Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN Kementiran Luar Negeri yang ditandatangani pada tahun 2015.

                Sebagai mitra Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementiran Luar Negeri Republik Indonesia, maka pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja akan menjadi Pusat Studi yang aktif melakukan riset, pendidikan, publikasi, konsultasi, dan mempromosikan kegiatan-kegiatan kerjasama ASEAN kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga tingkat ASEAN. Sebagai pusat studi yang ada di Universitas Wiraraja, maka pusat studi ASEAN akan mendukung terwjudnya Universitas Wiraraja sebagai salah satu universitas yang bertaraf Internasional yang eksis minimal di tingkat ASEAN. Oleh karena itu, Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Direktorat jendral kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri seperti program penelitian, kolaborasi riset antar peneliti di negara- negara ASEAN,  kegiatan seminar internasional, workshop, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di tingkat ASEAN.  Diantara program-program Direktorat jendral kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri yang sudah diikuti dan akan diikuti oleh Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja dengan melibatkan mahasiswa Universitas Wiraraja diantaranya adalah student visit genesis di Jepang, ASEAN Youth interfaith camp se Asia Tenggara, kemudan pertukaran mahasiswa ke kamboja, pertemuan antara pelajar, pemuda, dan mahasiswa negara-negara Asia Pasifik di Bali, dan Forum Pusat Studi Asean seluruh Indonesia dan Asean.

                Diharapkan kedepan partisipasi aktif dari para civitas akademka terutama para mahasiswa Universitas Wiraraja dalam kegiatan Pusat Studi ASEAN Universitas Wiraraja.